Mengetahui Pengaruh Air terhadap Suatu Bangunan - Jual Bata Ringan di Malang

Image result for bata ringan

Manfaat bata ringan atau hebel saat ini sudah banyak diakui sebagai salah satu material bahan bangunan yang kuat dan efisien. Material jenis ini terbuat dari campuran pasir kwarsa, semen, kapur, gypsum, air dan almunium pasta sebagai bahan pengembangnya. Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam.

Bata ringan untuk dinding sudah mulai banyak digunakan untuk pembangunan rumah minimalis. Karena proses pencetakannya dilakukan pabrik maka ukurannya lebih presisi sehingga memudahkan dalam proses pemasangannya. Bata ringan juga sangat baik dalam menyerap panas sehingga rumah Anda akan terasa lebih sejuk.

Kelebihan bata ringan untuk mendirikan rumah minimalis sangat banyak, namun penggunaanya belum sepopuler bata merah dan bata beton. Selain itu, dibutuhkan tukang yang memiliki pengalaman dan material khusus untuk mendirikan bata ringan ini.
Kali ini diminimalis akan melanjutkan mengulas lebih dalam tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan bata ringan sebagai lanjutan artikel kami sebelumnya, Anda bisa membaca artikel tersebut di bawah ini.



Pengaruh air pada konstruksi bangunan

Mengendalikan air pada suatu proyek bangunan sangat penting dalam mencapai hasil yang terbaik terutama untuk dinding bangunan. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menyikapinya :
  1. Selama musim hujan kita harus menutupi bata merah atau bata ringan sewaktu diantar ke proyek. Kita perlu melindungi tumpukan batu bata dari hujan sehingga mereka tidak menyerap terlalu banyak air sebelum diaplikasikan. Keduanya sangat menyerap dan dapat menyimpan banyak air yang akan mempengaruhi waktu pengeringan dalam pengerjaan pasangan bata, plester, dan acian.
  2. Pemasangan atap terlebih dahulu merupakan langkah yang terbaik sebelum memulai plester, agar batu bata memiliki waktu untuk kering dan dinding akan terlindung dari hujan. Jika dinding dibiarkan terbuka akan terkena hujan maka kita harus menyiapkan terpal untuk menjaga dinding agar tetap kering dan untuk melindungi plester serta acian selama aplikasi. Adalah tanggung jawab kontraktor untuk menyiapkan penutup yang baik untuk dinding yang terbuka selama pembangunan. Menjaga hasil pengerjaan acian pada area yang terbuka setidaknya satu hari setelah selesai aplikasi, agar terlindungi dari hujan. Hujan dapat mudah terserap masuk ke dalam acian yang masih basah ( belum kering sempurna ) kemudian akan melemahkan ikatan pada plester atau dapat merusak permukaan aciannya.
  3. Air sangat penting untuk menambah kekuatan pada setiap produk yang mengandung semen. Jika pasangan bata, plester atau acian mengering terlalu cepat kita mendapatkan hasil yang lemah atau berdebu. Seiring dengan waktu kekuatan semen akan terjadi peningkatan,yang mana proses itu disebut “Hydrasi” dan pada mortar kita dapat mencapai kekuatan 80% sampai 90% dalam waktu 2 minggu setelah aplikasi. Jika dinding mengering terlalu cepat tidak ada proses hydrasi pada semen maka peningkatan kekuatan akan otomatis berhenti. Hindari Aplikasi di bawah terik matahari langsung atau dalam kondisi berangin kencang. Seorang tukang yang berpengalaman dan bagus, lebih mengerti terhadap jumlah air yang diperlukan untuk membasahi dinding plaster untuk mengaci, yang mana jumlahnya tergantung pada kondisi dinding dan cuaca.
  4. Plester Tradisional memiliki resiko penyusutan yang sangat tinggi yang disebabkan oleh kandungan lumpur yang tinggi pada pasir, gradasi buruk dari pasir atau kandungan semen yang tinggi. Penyusutan berbanding lurus dengan peningkatan kekuatan, kira- kira 80%-90% baru selesai setelah 2 minggu. Jangan aplikasikan acian (tradisional atau mortar) sebelum 2 minggu,apabila plester mengalami penyusutan, maka akan menyebabkan keretakan pada acian.
  5. Kelembaban air dalam dinding dapat berasal dari berbagai sumber:

  • Air yang terperangkap dalam batu bata
  • Plester yang belum kering / masih basah
  • Terkena hujan langsung
  • Cuaca lembab
  • Kelembaban dari tanah
  • Membasahi dinding terlalu banyak sebelum aplikasi acian
Pada pengeringan sempurna kami menargetkan kandungan kelembaban air kurang dari 15%. Jika kelembabannya lebih tinggi dari itu maka waktu pengeringan akan lebih lama.




Tertarik untuk menggunakan Bata Ringan?? silahkan Chat kami Bosku!!




Info Pemesanan

MEGATruss Global

Office & Showroom : Jl. Mayjend Sungkono, Citra Garden City / Ciputra, Blok P1. No.4 -

Kota Malang

Workshop & Factory di Surabaya : Pergudangan Mutiara Margomulyo Indah Blok A-37, Kota

Surabaya

Workshop di Kediri : Badas, Pare - Kediri

Workshop di Ponorogo : Desa Kradinan kecamatan Dolopo Ponorogo


Phone :

Telkomsel : 0853 3443 9900(Call, SMS, WhatsApp, Line)

Indosat : 0856 55 40 0004 (Call, SMS, WhatsApp)

XL / Axis : 087 888 48 5050 ( Call, SMS)

Phone & Fax : 0341 - 754253

Email : megatrussglobal@yahoo.com

0 Response to "Mengetahui Pengaruh Air terhadap Suatu Bangunan - Jual Bata Ringan di Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel